Selasa, 10 Juni 2008

Netherland vs Italy (3-0) … C’mon Italy, You can do it better !!!

Singkat saja nih…jujur, saya sedih banget melihat kesebelasan favorit Italia kalah telak dari Belanda. Nggak tanggung-tanggung, Buffon kebobolan 3 gol. Padahal semalam sudah bela-belain begadang buat nonton, taunya kalah. Hik hik hiks hiks ……

Menurut saya nih, kehilangan Cannavaro berpengaruh besar terhadap permainan Italia. Pertahanannya benar-benar goyah, belum ada yang bisa menggantikan peran Maldini, Nesta ataupun Cannavaro. Matterazi juga kayaknya nih mengalami cedera ringan kemarin. Moga-moga nggak parah ya…(Kemarin cuma dikompres es saja kok)

Grosso?? Yah, pemain satu ini mudah-mudahan bisa menjadi pengganti Inzaghi dalam hal keberuntugan. Walaupun main sebagai bek, Grosso yang selalu jadi cadangan ini, sesekali mendapat peluang bagus mencetak gol. Dalam Piala Dunia 2006 lalu contohnya, golnya membantu Italia melaju ke babak selanjutnya. Kemarin pun Grosso mempunyai peluang bagus, sayang belum bisa membuahkan gol. Mudah-mudahan dewi fortuna terus menaungi Grosso sama halnya dengan Inzaghi yang selalu mendapat keberuntungan mencetak gol di saat-saat genting.

Untuk pemain depan, Italia memang masih lemah. Walaupun ada Luca Toni yang sering mencetak gol bagi klubnya, di Euro ini Luca Toni belum bisa bicara banyak, begitu pula Del Piero. Pemain senior ini dipanggil pelatih Donadoni dengan harapan bisa membagi pengalamannya bermain di tingkat dunia kepada para pemain muda, masih belum juga mendapat kesempatan mencetak gol.
Ya, mungkin dalam menghadapi Rumania maupun Perancis nantinya Italia bisa lebih baik dan bisa menjadi wakil dari grup C menuju babak selanjutnya....Doain ya….

Sedikit bercerita nih…

Sejak tahun 2000, baik di laga Piala Dunia ataupun Piala Eropa, saya selalu mendukung tim Italia. Kata orang-orang, di Italia banyak pemain sepakbola yang cakep. Memang sih…tapi bukan itu saja alasan kalau banyak dari kami (kaum hawa) mendukung tim Italia. Kalau alasan saya sih simple aja, karena saya memang lebih sering nonton/memperhatikan Liga Italia dibanding Liga Inggris atau Liga lainnya. Jadi memang karena lebih mengenal para pemainnya. Tapi sekarang, saya juga sudah lebih memperhatikan liga sepakbola lainnya, khususnya Liga Inggris. Sayang ya..Inggris nggak bisa main di Euro kali ini.

Waktu Euro 2000 lalu, saya bisa melihat kehebatan Italia yang mengandalkan cattenacio-nya berhasil membungkam Belanda. Hasil akhir pun ditentukan oleh babak pinalti setelah dua kali perpanjangan waktu, skor masih 0-0. Saat itu Italia benar-benar total main bertahan, sesekali saja menyerang ke gawang lawan. Setiap pemain Belanda yang memegang bola selalu dijaga satu-satu. Susah rasanya melihat para pemain Belanda melewati bek-bek sekelas Maldini, Cannavaro maupun Nesta. Banyak orang yang bilang permainannya membosankan, tapi kalau saya sih seneng-seneng aja melihat pemain Italia yang memang macho and ganteng-ganteng, apalagi dengan kaos biru ketatnya itu...Hmm…hmmmm

Menonton pertandingan sepakbola kelas dunia memang menyenangkan. Banyak permainan yang menyuguhkan permainan kelas tinggi. Gocekan bola Ronaldinho saat Piala Dunia lalu misalnya…Wuihhh…hebatnya…seakan menari Samba. Ataupun umpan-umpan akurat David Beckham or Andrea Pirlo yang terkadang membantu dalam terciptanya gol…kayaknya jarang ditemui saat menonton pertandingan sepakbola dalam negeri. Hi hi hii hhii…..(bukannya ngejek, tapi memang benar kan ?)

Saya jadi tahu bagaimana gaya permainan sepakbola sebuah tim, cattenacio khas Italia maupun indahnya permainan bola khas Brazil di Piala Dunia. Dulunya mah saya benar-benar buta dengan permainan kaum adam ini, taunya hanya kalau sudah GOLLLLL…. Makanya dulu senang banget kalau terjadi pinalti untuk menentukan pemenang pertandingan. Sekarang sih sudah bisa menikmati alunan permainan yang disuguhkan.

Untuk Euro 2008 ini, selain mendukung Italia untuk jadi juara (berharap banget nih, mereka bisa lolos dari grup neraka), saya juga mendukung Portugal yang katanya jadi kuda hitam di Euro sekarang (faktor adanya Christiano Ronaldo kali ya ??)

Yang penting nih…sebulan ini, hidup kita para pecandu bola maupun masyarakat umum akan lebih berwarna dengan hadirnya siaran langsung Euro 2008 di RCTI, TPI maupun Global TV. Lupakan dulu masalah yang muncul akibat kenaikan harga BBM… Rasakan euphoria iniMari beramai-ramai menonton Euro 2008 bersama teman, saudara, orang terdekat maupun orang banyak lainnya… Seru lho

Tidak ada komentar: